Ini Rahasia Dibalik Rasa Sakit Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani

Rahasia Dibalik Rasa Sakit Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani_Setiap orang tentu menginginkan tubuh yang sehat dan jauh dari kata sakit. Hidup sehat sendiri, bisa didefinisikan sebagai suatu kondisi tubuh yang normal tanpa adanya gangguan masalah entah yang bersifat fisik maupun yang non fisik. Meski setiap orang mendambakan hidup yang sehat, namun nyatanya gangguan fisik bisa serta merta terjadi dan membuat seseorang menjadi jatuh sakit. Contoh dari gangguan fisik adalah ketika seseorang mengidap jenis penyakit tertentu. Sementara gangguan non fisik atau rohani adalah ketika seseorang mengalami gangguan jiwa, hati atau  pada pikirannya. Banyak orang yang terlihat tidak sakit secara lahiriah atau jasmani namun ternyata memiliki kondisi rohani yang memprihatinkan. Mereka yang memiliki banyak uang ataupun sukses bukanlah jaminan jika jasmani dan rohaninya sehat.
Rahasia Dibalik Rasa Sakit Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani Ini Rahasia Dibalik Rasa Sakit Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani

Hikmah dari rasa sakit bagi manusia   

1. Peringatan bagi tubuh
Rasa sakit yang diderita, bisa jadi merupakan suatu peringatan untuk tingkat kekuatan tubuh kita. Saat tubuh mulai terasa sakit, maka hindari kondisi yang sama supaya terhindar dari rasa sakit yang mendera. Sakit juga menjadi kesempatan bagi kita untuk mengistirahatkan tubuh supaya tidak terus menerus digunakan untuk bekerja.

Tidak jarang juga jika penyakit yang diderita, umumnya terjadi untuk mencegah datangnya jenis penyakit yang lebih serius lagi.

2. Sakit adalah penggugur dosa
Dalam agama Islam, sakit merupakan penggugur dosa. Seseorang yang tengah menderita sakit membuat dosa yang dilakukan oleh tiap anggota tubuh diampuni.

3. Sakit membuat kita lebih dekat dengan Pencipta
Rasa sakit yang mendera, biasanya membuat seseorang ingat pada Tuhannya. Dengan kondisi fisik yang tengah menderita, mereka akan merasa lemah dan tidak berdaya sehingga mereka akan bersungguh-sungguh dalam memohon perlindungan serta kesembuhan pada sang pencipta.

Berbeda saat seseorang sehat, mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk bersosialisasi dengan sesama atau bahkan tenggelam dalam banyaknya pekerjaan. Alhasil mereka sering lupa dengan sang pembuat hidup yang berakibat pada jauhnya hubungan manusia dengan Tuhannya.

4. Menghindari penyakit batin
Hikmah dari sakit yang diderita, salah satunya adalah bisa menghindarkan kita dari yang namanya sakit batin atau rohani. Manusia yang tidak pernah merasakan sakit, biasanya akan membentuk pribadi yang sombong dan takabur. Bukan hanya itu, namun hatinya juga akan berubah menjadi kasar serta hati yang kaku.

Saat seseorang sakit, mereka akan ingat terhadap sang pencipta dan mencoba lebih dekat dengan-NYA. Terlebih jika penyakit yang diderita merupakan jenis penyakit yang parah, umumnya si penderita akan lebih memasrahkan diri tehadap penciptanya. Mereka juga tergerak untuk bertobat dan menjalani kehidupan yang lebih baik lagi kedepannya.

5. Sakit memicu perubahan hidup untuk menjadi lebih sehat
Ketika menderita sakit, orang akan menduga-duga apa yang telah dilakukannya sehingga terkena jenis penyakit tersebut. Jika sudah tahu, mereka akan mulai memperbaiki diri dengan melakukan pola hidup yang lebih sehat dan menghindari kebiasaan buruk yang bisa membuat mereka kembali sakit.

Rasa sakit memang memiliki hikmah tersendiri bagi kesehatan jasmani maupun rohani seseorang. Meski demikian, alangkah baiknya jika kita selalu melakukan pola hidup sehat supaya terhindar dari penyakit.

Mereka yang memiliki jasmani sehat, akan mampu menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bukan hanya bagi diri sendiri melainkan juga untuk lingkungan sekitar. Mereka dengan jasmani yang sehat juga bisa bekerja dengan baik dan maksimal. Mereka yang dikaruniai jasmani dan rohani yang sehat, juga bisa membantu orang lain yang tengah membutuhkan bantuan dengan baik.

0 Response to "Ini Rahasia Dibalik Rasa Sakit Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel