7 Bahaya Mencabut Bulu Hidung yang Harus Anda Ketahui; Jika Bulu Hidung Anda Panjang, Ini Solusinya

Dampak Buruk Mencabut Bulu Hidung_Bulu hidung berfungsi sebagai filter yang dapat menyaring partikel-partikel kecil ketika akan masuk ke dalam hidung. Partikel-partikel kecil tersebut dapat berupa bakteri, jamur, debu maupun polusi yang berbahaya bagi kesehatan Anda. Jika kita memiliki bulu hidung yang panjang memang terasa risih, namun jangan biasakan Anda melakukan pencabutan bulu hidung karena hal ini bisa juga menjadikan Anda merasa ketagihan dengan rasa asyik keenakan tanpa mempedulikan akibatnya. Jadi buat Anda yang hobby mencabuti bulu hidung, sebaiknya baca mengenai ulasan tentang bahaya mencabut bulu hidung di bawah ini. Setelah Anda mengetahui resiko mencabut bulu hidung, tentu Anda bisa menghindari pencabutan bulu hidung.

Tujuh (7) Bahaya Mencabut Bulu Hidung yang Harus Anda Ketahui

1. Pendarahan Ringan
Ketika Anda mencabut bulu hidung Anda, maka hal itu sama saja dengan menarik dengan paksa. Hal tersebut dapat menyebabkan pendarahan ringan dalam hidung Anda.

Walaupun bukan termasuk dalam kategori yang parah, akan tetapi hal ini bisa jadi berbahaya jika dari luka tersebut muncul infeksi dan penyakit lainnya.

Setelah pendarahan terhenti, rasa perih yang ditimbulkan oleh luka tersebut akan tetap terasa.

Sehingga untuk membersihkan hidung atau sekedar menyentuh saja akan terasa sakit dan tidak nyaman.
Bulu hidung berfungsi sebagai filter yang dapat menyaring partikel 7 Bahaya Mencabut Bulu Hidung yang Harus Anda Ketahui; Jika Bulu Hidung Anda Panjang, Ini Solusinya

2. Mengakibatkan Mimisan
Penyebab dari mimisan ini ada banyak faktor, salah satunya adalah dengan mencabut bulu hidung tersebut.

Dalam hidung juga terdapat pembuluh darah, dan ketika Anda mencabut bulu tersebut dengan keras maka ada kemungkinan merobek pembuluh darah yang ada dalam hidung tersebut yang akhirnya menimbulkan mimisan.

3. Menimbulkan Luka di Dalam Hidung
Bekas dari bulu hidung yang telah dicabut setelah mengering akan menimbulkan bekas luka yang jika terkena infeksi maka akan terasa sangat sakit.

Apalagi pada tahap penyembuhan, karena bisa saja luka tersebut mengalami bengkak.

Beberapa orang bahkan mengeluhkan sulit untuk bernafas karena luka yang timbul tersebut akan terasa perih saat menarik maupun mengeluarkan nafas.

4. Tumbuhnya Ingrown Nose Hair
Bulu hidung yang dicabut akan tergantikan dengan bulu-bulu baru yang akan tumbuh lewat liang roma. Namun tidak menutup kemungkinan bila bulu yang baru tumbuh tersebut untuk tumbuh di dalam lapisan kulit. Hal ini yang umumnya disebut dengan ingrown nose hair.

Bulu yang baru tumbuh tersebut tidak keluar hingga permukaan kulit karena mengalami extrafollicular penetration atau tumbuh masuk ke dalam kulit. Hal yang terlihat sepele ini juga menyebabkan sakit dalam hidung dan mengganggu aktifitas Anda sehari-hari.

5. Perforasi Septum
Bahaya mencabut bulu hidung selanjutnya adalah dapat menimbulkan perforasi septum adalah kerusakan yang terjadi pada rongga hidung dan dapat terjadi setelah mencabut bulu hidung.

Kerusakan ini dapat berbentuk berbagai hal seperti luka, bisul kecil maupun kerak yang terbentuk dari lendir yang mengering yang sulit untuk dibersihkan.

6. Mengakibatkan Infeksi
Seperti yang telah disinggung diatas, dari luka yang terbuka di kulit tersebut maka ada celah bagi kuman dan bakteri untuk masuk ke dalam kulit dan menimbulkan infeksi.

Selain itu kuman dan bakteri tersebut dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya lewat pembuluh darah, yang pada akhirnya akan menimbulkan penyakit-penyakit lain yang lebih parah apalagi jika kondisi perlidungan tubuh Anda sedang melemah.

7. Timbulnya Jerawat
Jerawat adalah penyakit yang dapat muncul dimana saja pada kulit tubuh, dan menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Apalagi jika muncul pada wajah yang menimbulkan terganggunya penampilan hingga berkurangnya rasa percaya diri seseorang.

Munculnya jerawat ini dapat disebabkan oleh kuman yang masuk ke lapisan kulit dalam hidung akibat dari sentuhan langsung dari tangan atau benda lain yang masuk ke dalam hidung. Apalagi ketika jerawat ini pecah, maka rasanya akan sakit dan perih sehingga dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada hidung Anda.

Fungsi Dari Bulu Hidung
Bulu hidung memiliki banyak sekali kegunaan, fungsi yang paling utama adalah untuk menyaring udara yang masuk ke dalam hidung yang seterusnya akan menuju ke paru-paru.

Di lingkungan sekitar telah banyak polusi yang terjadi, berbagai kotoran juga menyebar di udara. Bulu hidung ini akan meminimalisir masuknya kotoran dan benda-benda asing ke dalam saluran pernafasan Anda.

Sehingga potensi untuk terkena berbagai macam penyakit menjadi berkurang, karena partikel-partikel yang berbahaya di udara luar telah tersaring di bulu hidung Anda.

Selain itu bulu hidung juga berfungsi untuk membantu melindungi lapisan kulit epidermis luar dari sengatan sinar matahari serta luka lecet maupun luka kecil.

Satu fungsi lainnya yang juga tidak kalah penting adalah sebagai penjaga temperatur dalam hidung Anda.

Kondisi terlalu kering maupun terlalu dingin pada rongga hidung Anda akan terasa tidak nyaman, oleh sebab itu bulu hidung tersebut akan menjaga kelembaban di dalam hidung.

Solusi Bagi Anda yang Memiliki Bulu Hidung Panjang

Cara yang paling mudah jika Anda memiliki bulu hidung yang panjang adalah dengan menggunting secukupnya agar tidak terlalu panjang dan keluar dari rongga hidung Anda. Sehingga tidak akan mengganggu penampilan Anda. Tapi perlu diingat untuk tetap berhati-hati dalam mencukurnya agar tidak melukai permukaan kulit hidung. Sebab lapisan kulit yang ada di dalam hidung sangat sensitif dan mudah terluka. Akan tetapi jika memang tidak merasa terganggu alangkah baiknya jika Anda biarkan saja bulu hidung tersebut.

Nah, demikianlah ulasan mengenai bahaya mencabut bulu hidung dan fungsi dari bulu hidung yang perlu untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

0 Response to "7 Bahaya Mencabut Bulu Hidung yang Harus Anda Ketahui; Jika Bulu Hidung Anda Panjang, Ini Solusinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel